Diskusi Cair Sambil Ngopi Ala Mahasiswa Sutera

Suasana Dimas di cafe Rang Awak, Senin, 16 September 2019
Suasana Dimas di cafe Rang Awak, Senin, 16 September 2019 (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kelompok mahasiswa asal Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, yang tergabung dalam Diskusi Mahasiswa Sutera (Dimas) mencoba mengikuti trend kekinian dengan diskusi di cafe sambil ngopi.

Kelompok anak muda yang haus akan ilmu pengetahuan itu melaksanakan diskusi setiap malam Senin di salah satu cafe di Kawasan Andalas Kota Padang.

baca juga: Mahasiswa PTKIN Bisa Ajukan Keringanan UKT pada Rektor

Salah seorang penggagas Dimas, Rido Saputra mengatakan, diskusi malam itu dilatarbelakangi oleh keinginan mahasiswa khususnya asal Sutera untuk terus menambah khazanah keilmuan. Namun  tidak kaku dan lebih cair. 

"Ilmu tidak hanya di kampus, diadakan di cafe agar suasana lebih cair dan bisa saling bertukar pikiran," ujarnya.

baca juga: 36 Temannya Positif Corona, 98 Mahasiswa Asrama STT Bethel Tunggu Hasil Swab

Kegiatan telah belum dua kali pertemuan dengan mendatangkan materi dari latar belakang berbeda. Tema sesuai kebutuhan peserta diskusi untuk menambah keilmuan dengan mendatangkan pemateri dalam diskusi .

"Jangka panjang, hasil diskusi bisa diaplikasikan di kampung halaman nantinya. Diskusi ini sebagai bentuk bekal dan tukar pikiran untuk membangun kampung," jelas Rido.

baca juga: IMAMIPAS Yogyakarta Kirim Surat ke Irwan Prayitno Terkait Nasib Mahasiswa, Ini Isinya

Senada dengan Rido, penggagas Dimas lainnya, Julhami Nasmi menyampaikan, diskusi tersebut terbuka untuk umum, tidak hanya mahasiswa Sutera, mahasiswa lain juga bisa ikut bergabung.

"Kita sudah langsungkan dua kali pertemuan dengan tema Perspektif Mantra dalam Kajian Sastra Indonesia dan Trik Menulis di Media," ujarnya. (Zal)

baca juga: Hasil SNMPTN 2020 Diumumkan Siang Ini, 96 Ribu Lebih Siswa Dinyatakan Lulus

Penulis: Joni Abdul Kasir